Home > Kabar Gembira > Selamat Datang di Blog Kimia

Selamat Datang di Blog Kimia

Aminu Irfanda Supanda

Ilmu kimia menjadi sangat penting dan menyenangkan untuk dipelajari apabila pengajar benar-benar mampu mengoptimalkan media, suasana yang menyenangkan dan mau belajar dari keadaan yang terus berubah, dengan salah satu hal yang penting bahwa kapan dan dimana suatu metode tepat disajikan pada pembelajar.

Penguasaan ilmu-ilmu dasar (basic science) pada pembelajar, terutama ilmu pengetahuan alam khususnya ilmu kimia merupakan fondasi bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa yang akan datang. Namun di sisi lain, ilmu kimia terkadang dianggap sebagai materi yang “sulit” dan menjadi “hal yang menakutkan” bagi sebagian pembelajar, bahkan sebagian pengajar. Pembelajaran ilmu kimia di banyak sekolah kemudian sekedar menjadi kewajiban menjalankan kurikulum, kehilangan daya tariknya dan lepas relevasinsinya dengan dunia nyata yang seharusnya justru menjadi objek ilmu pengetahuan tersebut.

Menurut Senior Secondary Education Project dan Curriculum Development Centre,  yang teramat penting dalam pembelajaran ilmu kimia adalah karakteristik sistem pembelajaran sebagaimana berikut:

  1. Pembelajaran kimia haruslah lucu dan menarik. Bagi siswa SMP yang baru masuk SMA kelas X pada umumnya rasa “fun” dan “attractive”  merupakan awal mula rasa tertarik. Lebih jauh akan membangkitkan motivasi belajar serta pembelajaran seumur hidup. Kimia yang lebih “student friendly” bila lebih fungsional/aplikatif, lebih illustratif, lebih komprehensif dan terkesan kelihatan “sakti”.
  2. Harus diberikan mengikuti hierarki peningkatan konsep dengan contoh sehari-hari agar persyaratan prior knowledge pada kontruktivisme dipenuhi. Pemanfaatan lingkungan yang optimal dalam hal ini pengalaman sehari-hari maupun observasi gejala alam di sekitar dianjurkan untuk dilakukan mengingat kimia sangat erat hubungannya dengan hampir semua aspek kehidupan sehari-hari. Tingkat kemampuan bahasa dibuat berjenjang dari kelas X ke kelas XII, serta diaktifkan tutor sebaya setelah diberikan tugas baca buku ajar yang juga telah disesuaikan dengan tingkat pemahaman bahasa masing-masing kelas.
  3. Harus mutakhir, paling tidak dapat dipergunakan untuk memahami berita-berita mutakhir tentang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersa ngkutan dengan kimia dalam media massa.
  4. Harus melibatkan siswa secara aktif selama pembelajaran, sehingga antara proses dan content menghasilkan pembelajaran yang berarti (kontruktivisme). Pendekatan pembelajaran tak lagi “kata dan kapur” melainkan pendekatan “eksperimen atau demonstrasi pembuka” di mana siswa aktif berpikir. Dalam hal ini penguasaan metode, proses maupun sikap ilmiahpun dapat dicapai.
  5. Merangsang rasa ingin tahu, untuk mencari dan belajar sendiri.
  6. Harus ditekankan pada pengertian bukan mengingat. Sistem menghafal ringan yang mau tak mau harus ada dilakukan sedapat mungkin “mnemonik” yang lucu dan mudah diingat.
  7. Harus terpadu, dalam hal ini tidak lagi terkotak-kotak dalam lima perbidangan tradisional seperti: kimia fisika, anorganik, analitik, organik dan biokimia.
  8. Materi ajar kimia harus lengkap, ekstensif dan komprehensif baik untuk terminal dan studi lebih lanjut.
  9. Bentuk evaluasi harus disesuaikan dengan apa yang diajarkan dan lebih berorientasi pada pemecahan masalah terpadu. Evaluasi dapat berupa ulangan dan dimana mungkin observasi perilaku langsung selama eksperimen, serta keduanya digunakan sebagai feedback bagi siswa. Penugasan-penugasan rumah seperti pekerjaan rumah, proyek mandiri maupun kelompok, eksplorasi individual (tugas baca), merangkum, klipping harus sering diberikan dan dievaluasi hasilnya sebagai bagian dari penilaian siswa.

Ilmu kimia menjadi sangat penting dan menyenangkan untuk dipelajari apabila pengajar benar-benar mampu mengoptimalkan media, suasana yang menyenangkan dan mau belajar dari keadaan yang terus berubah, dengan salah satu hal yang penting bahwa kapan dan dimana suatu metode tepat disajikan pada pembelajar.

Sumbawa Besar, 21 Agustus 2010

Penulis adalah Guru Kimia SMA Negeri 1 Sumbawa Besar

e-mail: airfanda@gmail.com

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: